Tuesday, 29 December 2015

Christkindlemarkt: All you need to know

by. NCS

(c): salzburger Nachrichten
Buat kita yang sudah lebih dari setahun tinggal di Austria pasti nggak asing dengan Christkindlemarkt/Adventsmarkt/Weihnachtsmarkt. Christkindlemarkt identik dengan beberapa "standl" yang dihiasi dengan pohon pinus dengan aneka hiasan natal dan lampu yang benderang, dan pasar ini biasa ditemui di setiap sudut kota-kota di Austria. Cantik banget! 



Bagaimana awal mula Christkindlemarkt?
Christkindlemarkt pertama dimulai pada abad ke-14, tujuan utamanya adalah menyediakan keperluan-keperluan untuk musim dingin dan untuk memberikan sedikit penerangan pada waktu gelap yang panjang di musim dingin.  Kemungkinan besar pasar natal besar pertama diselenggarakan di Munich pada tahun 1310.

Berapa lama berlangsungnya Christkindlemarkt?
Setiap daerah memiliki jadwal yang berbeda-beda. Pasar natal di kota-kota besar di Jerman maupun Austria biasanya di mulai pada minggu akhir bulan November hingga 1 atau 2 hari sebelum hari natal. Di pedesaan atau kota-kota kecil, penyelenggaraan pasar natal biasanya lebih pendek, ada yang hanya setiap akhir pekan, ada juga yang hanya satu atau dua minggu. 

Produk apa saja yang dijual di Christkindlemarkt?
Pada awalnya, produk yang ditemukan di pasar natal adalah kebutuhan sehari-hari (contoh:daging dan keju), kebutuhan musim dingin (contoh: jaket, syal, sarung tangan, tudung kepala, dsb), mainan anak-anak, dan gula-gula. Saat ini, produk yang dipasarkan lebih beragam, termasuk dekorasi natal, karya seni lokal maupun impor, dsb.

Tradisi apa yang dilakukan saat mengunjungi Christkindlemarkt?
Tradisi umum yang biasa ditemui di setiap pasar natal di Austria adalah minum Glühwein (wine yang dimasak dengan cengkeh, daun pekak, kayu manis, dll dan disajikan selagi panas), Punsch (campuran arak, gula, lemon, teh, air dan bumbu-bumbuan), Punsch biasanya mengandung kadar alkohol, tetapi saat ini Punsch tanpa alkohol banyak ditemukan di setiap stan di pasar natal, ada juga minuman lain seperti Apfelmost dan Weihnachtsbock. Selain minum Glühwein, tradisi lainnya adalah makan sosis yang biasanya disugukan dengan kren dan semmelbrot.

Christkindlemarkt in Salzburg
(c): stadt-salzburg.at


Christkindlemarkt in Wein
(c): wiennews.com
Christkindlemarkt in Innsbruck
(c): blogtirol.at
Christkindlemarkt in Klagenfurt
(c): visitklagenfurt.at
Christkindlemarkt in Graz
(c): graztourismus.at

No comments:

Post a Comment