Saturday, 2 January 2016

Apa itu Adventskalender?

by Sri Yuliyanti

Di Austria dan negara- negara mayoritas Kristen, mempunyai tradisi menarik dalam menyambut hari Natal, yaitu dengan adanya Adventskalender. Adventskalender ini bukan kalender biasa, karena memiliki cerita, makna dan tujuan di dalamnya. Waktunya dimulai dari hari pertama bulan Desember sampai malam Natal. Sementara itu, dapat menjadi hiasan yang indah di dalam rumah menyambut hari Natal.

Apa itu Adventskalender?




Adventskalender adalah kalender yang berbeda, tidak seperti kalender pada umumnya, karena memiliki fungsi tertentu. Fungsi utamanya adalah untuk menghitung hari yang di mulai pada awal bulan Desember menuju hari Natal. Peran lainnya yaitu  menciptakan suasana meriah di dalam rumah untuk penyambuatan hari Natal.  

Biasanya Advent dimulai pada tanggal 1 Desember, tetapi ada alternatif lain, yaitu paling cepat dimulai pada tanggal 27 November dan paling lambat tanggal 3 Desember. Di negara berbahasa Jerman hampir semua anak- anak mendapatkan hadiah Adventskalender dari orang tersayang. Bukan hanya anak- anak saja loh yang punya Advents, orang dewasa pun gak mau ketinggalan. Setiap hari pemilik Adventskalender akan mendapat hadiah dan sebelum itu mereka harus mencari nomer urut kalender  yang di pasang dengan tidak beraturan . hihi….!!!




Awalnya Adventskalender diciptakan oleh kelompok Lutheran Jerman, karena malam Natal adalah hari yang sangat penting dalam kalender agama Kristen. Keberadaan Advents dimulai sejak abad ke-19. Pada awalnya Advents tidak lebih dari alat penggitung mundur menuju hari Natal, yang di gantung pada pintu. Kemudian mulailah  beberapa orang menyalakan lilin setiap hari sampai hari Natal. Setiap abadnya, Adventskalender mengalami banyak perubahan, hingga saat ini berkembang ide- ide baru, sampai dengan terciptanya Adventskalender modern.


Tahun depan, bagi yang tertarik dengan Advenstkalender, untuk mendapatkannya mudah sekali, salah satunya banyak dijual di Supermarket atau bisa juga dengan membuatnya  sendiri. Jika membuat sendiri, kelebihannya yaitu akan terlihat lebih menarik , karena dibuat sesuai selera baik tampilan maupun hadiah di dalamnya. Seruuuuuuu…!!







No comments:

Post a Comment