Monday, 28 December 2015

Healthy New Year's Resolutions

by: NCS

"What are my new year's resolutions?" Pertanyaan yang biasa datang pada penghujung tahun, mungkin nggak semua teman-teman PPIA membuat list resolusi untuk menyambut tahun baru, tapi percaya atau nggak, resolusi-resolusi ini berguna banget sebagai spirit booster. Berikut ide-ide umum yang mungkin bisa ditambahkan ke list resolusi 2016 teman-teman:


1. Healthy-eating Resolution.
Makan makanan yang sehat itu hukumnya kudu! "Menjaga lebih baik daripada mengobati" seperti kata pepatah. Apalagi teman-teman PPIA yang saat ini jauh dari keluarga, kalau lagi sakit di tanah rantau itu rasa sakitnya double, sendiri sakit dan merindunya, tsah!. So lebih baik menanamkan pola makan yang sehat. Nggak perlu yang aneh-aneh dan super mahal, sehat itu murah kalau kita bijak dalam memilih produk makanan. Biasakan sarapan-makan siang-makan malam yang teratur, apalagi kalau mau menurunkan berat badan, makanlah lebih sering dengan porsi yang kecil. Perbanyak konsumsi sayuran hijau, kacang-kacangan, buah-buahan serta banyak minum air putih. Tidak kalah penting untuk memahami jenis-jenis asupan yang bisa dan tidak bisa kita konsumsi (alergi). 

2. Be Positive
"Aduh bisa nggak ya? coba nggak ya? Ah pasti ntar gagal juga!" nope! nope! Jangan biarkan kosakata negatif ikut menginjakkan kaki di 2016. Life is easier when you think positive! bukan berarti menganggap remeh masalah atau cobaan yang datang, tetapi belajar melihat sisi positif dari setiap hal yang terjadi. Temannya berfikir positif adalah bersyukur, dimana dan dalam kondisi apapun juga! Terapi ringan kalau lagi kesel atau ada masalah misal: "inhale-exhale then smile", shalat, meditasi, yoga apapun yang bisa bikin kamu relaks dan mengisi energi positif dalam diri kamu. 

3. Stop Smoking
Why? It is because you invest your money wrongly! Daripada buat beli rokok mending uangnya buat nyicil rumah idaman, buat liburan, buat emak dan babe naik haji, buat disedekahin, nabung buat nikah, atau buat apapun itu yang lebih bermanfaat. You know lah merokok itu berbahaya untuk kesehatan; berbahaya untukmu dan si dia. Jadi klo di tahun 2015 kamu masih ngerokok, just give it up dan tinggalkan kan dia! ;D "Di dalam tubuh yang sehat terdapat otot!"

4. Do Sport
Nggak usah muluk-muluk lah, kalau memang sibuk dan nggak punya waktu seenggaknya sempatin diri buat jalan minimal 2km/hari, naik/turun tangga apartemen, atau goesgoes sepeda ke kampus, belanja, atau kemanapun. Mau olahraga tapi malas ke tempat fitness? (baca: malas bayar :D ), bisa di rumah juga kok olahraganya, bisa pake instruktur gratisan dari Youtube, atau install apps2 sport yang gratisan, banyak kok! salah satunya Seven (saya pake itu soalnya :D).

5. Stay more Offline than Online
How long do you stay online per day? Ayook ngaku!;) Online nggak masalah, tapi stay in touch offline juga penting banget! Buat yang addict banget mungkin bisa dimulai dengan 'no phone while talking' action jadi klo lagi ngumpul atau ketemu temen smartphone nya di nonaktifkan dulu. Kalau mau lebih berani put on your 2016 Resolution lists "free-gadget day". Kalau nggak sungkan nyapa orang and ngirim smiley emotikon online, bisa juga donk yah nyapa orang offline, means sempetin setiap harinya untuk menyapa atau memberi senyum kepada min. 2 orang yang kamu nggak kenal, trust me it is good for your mental health :)

6. Traveling Solo
Buat yang belum pernah nyoba traveling solo, next year you should try it (especially for the girls)! why? It makes you fearless and more confident in your abilities to figure things out on your own. Disamping juga membantu untuk mengenal diri kita lebih mendalam. Traveling solo gives you the time you need to slow down, reflect and spend that quality time with yourself that you may often miss when you're caught up in the daily activities back home.

7. Be a Volunteer
Selain upaya yang memfokuskan diri sendiri, kebahagiaan dapat kita peroleh dengan menolong orang lain, ungkap Peter Kanaris, PhD, seorang kordinator asosiasi Psikologi di New York. And guess what? Happiness is good for your health. Banyak contoh dalam hal menolong orang lain, misal menjadi sukarelawan kegiatan sosial atau keagamaan, tandem partner, donasi, dsb. 


8. Get more sleep
Bukan alasan tugas kantor, tesis atau disertasi menjadi penghalang waktu tidur kita. Disamping riset ilmiah membuktikan kalau tidur yang cukup mempengaruhi mood dan tampilan fisik kita. But sleep is more beneficial to your health than you might realize, salah satunya dapat memperkuat daya ingat. Kurang tidur menjadi salah satu penyebab penyakit obesitas dan diabetes tipe 2. So, masih mau ngurangin asupan tidur? ;D

9. Be Eco-friendly
Pasti teman-teman nyimak berita global mengenai kerusakan lingkungan kan? Mungkin di Eropa kita kurang bisa merasakan, tetapi saat kita berlibur ke negara lain atau kembali ke tanah air kita bisa secara langsung merasakan dampaknya, banjir di kala musim hujan, dan kemarau dan bencana asap di kala musim panas. So, nggak salah kalau sedini mungkin kita menerapkan pola ramah lingkungan yang nantinya bisa kita tularkan ke orang-orang terdekat kita. Contoh sikap ramah lingkungan, misal menghemat penggunaan air dan listrik, biasakan menggunakan transportasi masal (yang ramah lingkungan) atau sepeda saat bepergian, membeli produk konsumsi buatan lokal, menanam pohon, memisahkan sampah, dsb. 

10. Investment
Mulai susun rencana jangka panjangmu, pilih jenis investasi apa yang sesuai dan tepat dengan future plans kamu. Investasi di sektor properti (misal kredit rumah), investasi saham, reksa dana, dsb. Ataupun memanfaatkan tehnologi komunikasi dan informasi untuk memulai bisnis. Think "out of box and be creative", memaksimalkan hobi seperti menulis buku, fotografi, belajar menjahit, dan apapun itu juga merupakan jenis investasi tidak langsung yang berguna kelak dikemudian hari.
So, are you ready for 2016? :)




Sumber:
http://www.health.com/health/gallery/0,,20452233_10,00.html
http://www.huffingtonpost.com/jaimee-ratliff/why-you-should-travel-solo-at-least-once_b_6365624.html
http://www.conserve-energy-future.com/15-easy-ways-to-become-environmentally-friendly.php

No comments:

Post a Comment