Wednesday, 28 October 2015

Movie Screening “99 Cahaya di Langit Eropa”

by Maulida Kusumaningsari



99 Cahaya di Langit Eropa adalah film drama religi yang diangkat dari novel berjudul sama karya Hanum Salsabiel Rais dan Rangga Almahendra. Film yang terdiri dari dua bagian ini menceritakan tentang kehidupan mahasiswa muslim asal Indonesia bernama Rangga Almahendra, bersama istrinya Hanum Salsabiela, saat menempuh studi untuk mendapatkan gelar PhD di Wirtschaftsuniversität, Vienna, Austria. Acha Septriasa dan Abimana Aryastya adalah dua pemeran utama di film yang disutradarai oleh Guntur Soeharjanto ini.


Setelah sukses di Indonesia, Rangga Almahendra sang penulis, ingin memperkenalkan film ini di Vienna, tempat di mana sebagian besar film ini dibuat. Bekerja sama dengan Austria Indonesia Society Vienna dan PPI Austria, movie screening 99 Cahaya di Negeri Eropa dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober 2015 bertempat di OeAD Haus, Ebendorferstraße, Vienna. Acara ini diawali dengan pembukaan oleh ketua panitia, Sonya Luddin, Vice President of Austria Indonesia Society.




Acara ini dihadiri oleh Prof. Dr. Graninger Wolfgang, VP of Science and Education of Austria Indonesia Society, Dr. Denise Quistrop dari Ministry of European and International Affairs, Ibu WIna Retnosari dan Bapak Winko dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Vienna, Prof. Schlegelmilch dan Prof. Nell dari Wirtschaftsuniversität Vienna, ibu-ibu pengajian Vienna, grup Shivanata Bali Dance, dan pelajar baik dari Indonesia, maupun Eropa.



Movie screening ini diakhiri dengan diskusi terbuka yang langsung dipimpin sendiri oleh Dr. Rangga Almahendra. Salah satu feedback yang didapatkan dari audience adalah bahwa film ini harus ditonton secara masal di Eropa khususnya di Austria, karena film ini mampu menggambarkan perspektif yang berbeda dari Islam yang biasa diketahui oleh orang Eropa.







No comments:

Post a Comment