Monday, 26 October 2015

Carla: belanja barang bekas yang bukan di Flohmarkt

By: Rasmi Silasari

Siapa sih yang nggak suka jalan-jalan ke Flohmarkt? Walaupun adanya cuma di saat-saat tertentu, penuh sesak, barang jualannya suka aneh-aneh, dan sebenernya nggak ada yang ingin dibeli juga, muter-muter lihat dagangan di Flohmarkt selalu ada daya tariknya tersendiri. Meskipun rencananya cuma lihat-lihat pasti ada aja yang tiba-tiba menarik: buku, baju, sepatu, mebel, mainan, atau paling engga jajanannya yang bisa dimakan sambil jalan-jalan seperti es krim atau Lángos. Tapi gimana dong kalau lagi perlu sesuatu banget dan sayang beli baru? *gaya banget bilang 'sayang', ngaku aja 'ga ada duit'* Cari di Flohmarkt yang lagi ada mungkin nggak nemu barangnya, cari di willhaben juga nggak ada yang pas, kira-kira di mana lagi ya tempat nyari barang bekas yang lumayan lengkap dan nggak kucing-kucingan waktu bukanya?? Ini jawabannya: Carla.

Flohmarkt di Naschmarkt yang selalu ada hari Sabtu dan selalu ajaib barang-barangnya (sumber)

Cantik banget ya namanya~ Carla ini adalah toko barang bekas, salah satu bagian dari usaha Caritas, yang barang dagangnya berasal dari sumbangan orang-orang yang bisa langsung dibawa sendiri ke salah satu pusat Carla atau minta diambil oleh pihak Carla dengan membayar ongkos angkut. Kalau kalian suka nemu kotak baju bekas punya Caritas di area tempat sampah khusus, ini adalah salah satu sumber barang dagangan Carla. Tapi nggak seperti Humana (yang juga punya kotak barang bekas sendiri) yang hanya jualan baju, tas, dan sepatu, di Carla apa aja ada. Apa aja. 'Apa aja'-nya apa aja toh? Semuanya, kecuali barang-barang ini yang mereka tidak terima untuk alasan tertentu.

Kotak baju bekas Caritas yang menarik hati karena warna-warni (sumber)

Di Wien pusat Carla ada dua: di pusat kota di distrik 5, dan di daerah utara di distrik 21. Ada juga Carla yang lebih kecil di daerah selatan di distrik 10 yang tidak menjual mebel dan peralatan elektronik berukuran besar. Barang-barang di Carla kondisinya beragam (tergantung hoki yang belanja) tapi untuk barang elektroniknya sudah dijamin berfungsi dengan baik (bahkan ada yang bergaransi), sedangkan mebelnya semua dalam kondisi layak. Yang pasti mainan anak-anaknya semuanya bikin kepingin (terutama boneka-bonekanya, beruang empuk yang enak dipeluk-peluk CUMA 5€ *kasus langka di mana duit cukup tapi tempat nyimpennya engga*), dan buku-bukunya bikin terharu karena cuma 0.50 - 2€ dan ADA BAHASA INGGRIS PULA. Sudahlah, biar nggak penasaran silakan disimak foto-foto berikut yang diambil di Carla distrik 5 yang terbagi dalam empat gudang besar dan luasnya mencapai 4000 m². 

Yang nggak tahu kalau ini toko barang bekas pasti ngira garasi dari depannya

Koleksi bajunya lumayan lengkap: mulai dari topi sampai sepatu, untuk cowok maupun cewek!

 Perlu matras doang? Ada! Cuma perlu Lattenrost-nya? Juga ada! Tempat tidur kemahalan, tidur di karpet? Ok juga!

 Ruang keluarga, ruang tamu, dapur, kantor; ruang apapun ada mebelnya di sini

 Barang elektroniknya bergaransi! Iya termasuk televisi yang jadul ituh

 Pilihan buku-bukunya banyak dan murah, mau cari CD yang besar (laser disk) atau kecil tinggal pilih

 Kalau bawa anak jangan kelewatan bagian Kinder yang ada area bermainnya juga!

 Kalau bosen pakai set alat makan atau panci+tutup yang seragam, silakan cari yang beda-beda

 
Semakin ke dalem barangnya semakin menarik: lampu gantung antik, alat-alat kantor, peralatan ski, bahkan ada piano juga!

Seru kan~ Bagi yang berminat, langsung aja samperin cabang-cabang Carla berikut:

carla mittersteig
Mittersteig 10
1050 Wien
Mo-Fr 09.00-18.00
Sa 09.00-13.00

carla nord
Steinheilgasse 3
1210 Wien
Mo-Fr 09.00-18.00
Sa 09.00-13.00

carla ankerbrotfabrik (lebih kecil)
Absberggasse 27 / Objekt 19
1100 Wien
Mo-Fr 10.00-18.00

1 comment: