Friday, 28 August 2015

Literary Evening with Ayu Utami



Ayu Utami, penulis Indonesia yang dikenal dengan karyanya yang berjudul "Saman", menjadi salah satu keynote speaker pada conference EUROSEAS (European Association for South East Asian Studies) yang diselenggarakan pada 11 - 14 Agustus 2015, di Vienna.

Photo by Felix Abrudan


Literary Evening with Ayu Utami di Cafe Prückel pada 14 Agustus adalah salah satu programnya, dengan mana Ayu Utami berbagi cerita dan pikiran dari buku terbarunya "Cerita Cinta Enrico" yang diterbitkan pada 2013.

Anak laki-laki dalam cerita tersebut bernama Enrico yang lahir bersamaan dengan pemberontakan PRRI. Buku ini menceritakan kisah cinta dari sudut pandang seorang anak (Enrico) hingga ia dewasa, di dalam bentangan sejarah Indonesia sejak era pemberontakan daerah hingga Reformasi.

"It is a story of a boy who is now my husband. It has 3 chapters: First Love, Broken Heart, and Last Love."
Photo by Felix Abrudan

Kemudian ia membacakan bab pertama yang menceritakan perjalanan kehidupan Enrico saat baru lahir hingga kanak-kanak dengan setting peristiwa sejarah pada saat itu. Pada bab pertama ini, terdapat banyak cerita mengenai ibu Enrico, bagaimana Enrico mengagumi ibunya yang menurut deskripsinya, merupakan ibu yang cantik, memiliki keterampilan menjahit, dan memiliki sepatu pantovel. 

Sekitar 100 audiens datang untuk menghadiri Literary Evening ini. Ayu Utami mengawali acara ini dengan bernyanyi lagu tradisional Indonesia kemudian dilanjutkan dengan membacakan bab pertama, dan diakhiri dengan selesainya bab pertama.



No comments:

Post a Comment