Friday, 24 July 2015

Hauptbücherei Wien: Ngadem Sembari Baca-baca

by Rasmi Silasari

Akhir-akhir ini cuaca agak panas ya~ Bikin males banget nggak sih jalan ke mana-mana. Gimana kalau ngadem di dalem ruangan yang luas, tenang dan sejuk walaupun tanpa ada AC nya? Ohya? Emang ada tempat kayak gitu di Wien?? Ada doong, taraaa~~~

  Hauptbücherei Wien!!

Oioioi, yang nggak doyan baca jangan keburu kabur dulu!! Di perpustakaan utama kota Wina ini banyak hal yang menarik selain buku! Jangan lupa kan tujuan kita ke sini buat ngadem~ Kalau ternyata ada buku menarik yang bisa dibaca itu baru bonus :D

Tempat bacanya gokil, nggak akan bosen lah duduk-duduk di sini

Perpustakaan utama atau Hauptbücherei Wien yang dibuka 7 April 2003 ini terletak di Urban-Loritz-Platz dan bertengger persis di atasnya stasiun U6 Burggasse-Stadthalle. Jadi untuk yang punya disorientasi arah dan suka nyasar pun nggak bakalan susah untuk nemuin perpustakaan ini, karena selain keliatan banget dari luar (kecuali kalau kalian emang menyasarkan diri ke arah mall Lugner City) di sekitar stasiun Ubahn-nya udah banyak banget bertebaran petunjuk arah.

Baru keluar Ubahn sudah langsung ketemu petunjuk berlogo Hauptbücherei

Koleksi di perpustakaan ini terbagi menjadi 2 lantai, dan ada café di lantai paling atas kalau kalian lebih suka nongkrong sambil lihat-lihat pemandangan. Jumlah koleksinya sebanyak 300.000 buku, 69.000 audio visual, dan 600 majalah dan koran dengan berbagai macam tema; mulai dari buku anak-anak, novel populer, literatur klasik, panduan wisata, pengetahuan umum dan khusus, majalah hobi, gossip dan abege, dan juga komik!

Cuma 2 lantai tapi isinya seabreg

Ngapain langganan majalah kalau bisa baca di perpus

Kursinya empuk dan bacaannya komik: alamat nggak pulang-pulang

Koleksi audio visual nya pun menyenangkan untuk dilihat-lihat; untuk audio ada audio book, CD musik klasik dan musik popular; untuk video ada VCD film, dokumenter, kartun dan konser; bahkan selain itu ada CD dan DVD game segala! Untuk film lebih untung pinjem di sini lho, karena harganya jadi lebih murah dibanding pinjem ke toko rental video (dan yang jelas jauh lebih legal dari download sendiri :p, kecuali kalau filmnya nggak dibalik-balikin).

Area audio book lengkap dengan fasilitas playernya, jadi nggak usah bawa-bawa boombox sendiri

Siapa bilang orang Austria cuma dengerin musik klasik doang

Oke gamenya bisa dipinjem, sekarang yang punya DS siapa PINJEM DONG

Buat yang nggak ngerti sepatah kata pun bahasa Jerman (yang bilang ‘Enstchuldigung’ saat ngasih tips dan teriak ‘Danke’ setelah nabrak orang) ada satu area penuh isi buku bahasa Inggris (atau Perancis, Turkish dan Hungarish buat yang jagoan neon) dengan koleksi novel populer. Selain itu di tema pengetahuan umum seperti kesehatan, psikologi dan kriminal tersedia juga buku berbahasa Inggris. Jadi buat yang alesannya ‘nggak suka baca novel karena nggak nambah pengetahuan’, silakan diembat semua itu buku setebel-tebel bata.

Nggak perlu beli novel Inggris belasan Euro di Thalia atau Amazon, cari di sini aja!

Untuk buku bertema khusus cari aja bendera Inggris di list topiknya

Selain itu banyak fasilitas lain di Hauptbücherei yang juga cocok sebagai tempat belajar atau ngerjain tugas. Kalau kalian bawa tas tinggal nyelonong aja masuk dan nggak perlu dititipin (untuk yang risih bawa-bawa barang banyak ada fasilitas penitipan dan loker). Di sini ada banyak meja dan kursi bertebaran di seluruh penjuru gedung, untuk yang mau diskusi bisa ke areal meja kursi di lantai atas yang terpisah dari areal baca. Selain ada wifi gratis (favorit sejuta umat),  Hauptbücherei juga menyediakan sejumlah komputer dengan internet gratis dan fasilitas print 20 sen per lembar. Kalau kalian nemu bahan yang menarik tapi males pinjam atau difotoin satu-satu halamannya, ada mesin fotokopi seharga 10 sen per lembar.

Laptopan bisa di mana-mana, tapi yang pemandangannya keren ya  cuma di sini

Kalau nggak suka lihat pemandangan ya ngadep tembok juga silakan

Siapin koin kalau mau fotokopi! tapi jangan khawatir karena di lobi ada automat koin

Seru banget kaan dalemnya Hauptbücherei Wien! Untuk peminjaman kalian bisa buat kartu harian (3.80€) atau tahunan (24€). Untuk kartu harian bisa meminjam maksimum 4 minggu (2 minggu untuk koleksi audio visual) tanpa perpanjangan, sementara kartu tahunan bisa memperpanjang hingga 1 periode lagi. Jumlah maksimum yang bisa dipinjam adalah 25 barang (semua media), dan untuk peminjaman audio visual dikenakan lagi biaya 1.60€ per judul. Yang suka lupa untuk ngembaliin jangan khawatir: denda telat mengembalikan hanya 20 sen saja per hari per buah. Tapi ya jangan kelupaan lama-lama juga karena kasihan yang lain yang mau pinjam! Kalau kalian punya kartu tahunan bisa memanfaatkan mesin otomatis agar prosedur peminjaman lebih praktis.

Rincian harga layanan peminjaman Hauptbücherei Wien

Mesin peminjaman otomatis, nggak perlu lagi ngantri-ngantri di kassa

Perpus ini buka Senin – Jumat pukul 11:00 – 19:00 dan hari Sabtu pukul 11:00 – 17:00. Ayo-ayo dateng ke sini buat ngadem siang-siang sebelum ngabuburit sore~~

Info lebih lanjut: buechereien.wien.at

No comments:

Post a Comment