Saturday, 25 April 2015

Salam dari Wels!

by  Annisa Syafitri K


Halo, selamat menyambut musim semi, salam dari Wels!☺

Sebagai perkanalan awal, Wels merupakan salah satu kota kecil yang terletak di provinsi Upper Austria/ Oberosterreich, dengan luas area 45,92 km² dan berpenghuni sekitar 58.664 penduduk (Wikipedia, 1 Apr 2009).

Mungkin tidak banyak orang yang familiar dengan Wels, karena selain kotanya yang kecil Wels sepertinya memang bukan merupakan kota tujuan utama untuk berwisata. Selama hampir 7 bulan tinggal disini, kota ini saya rasakan cukup tenang untuk orang-orang yang menyukai suasana tempat tinggal yang jauh dari hingar bingar keramaian, namun fasilitas yang tersedia tetap menunjang segala kebutuhan warganya.

Ada beberapa fasilitas yang sangat akrab dengan kehidupan warga disini dan diantaranya bisa dikatakan sebagai landmark di kota ini. Mendengar Stad platz tentunya berbicara tentang pusat kota, tetapi di Wels tidak semua kegiatan atau acara dilakukan disini, namun ada satu acara yang pasti akan selalu diadakan disini setiap tahun yaitu pasar natal.


Beberapa acara mulai dari pameran lukisan hingga expo energi seringkali diadakan di Messe Wels.





Fasilitas umum seperti taman hijau dan jalur untuk pelari dan pesepedah tertata sangat apik dilengkapi dengan penerangan memadai, bangku-bangku taman dan tempat sampah selalu tersedia. Salah satu jalur lari dan bersepedah yang digemari terletak disepanjang pinggiran Sungai Traun.









Wels juga memiliki beberapa museum diantaranya Welios Science Center, Lebensspuren Museum, Stadtmuseum Wels - Minoriten / Archäologische Sammlung dan  Burg Wels. Setiap tahun biasanya diadakan acara musium malam, dimana warga Wels dapat berkunjung secara gratis pada satu malam di tanggal tertentu (http://www.wels.at/Verwaltung-und-Buergerservice/Pressecorner/Presseaussendungen/20140926-Lange-Nacht-der-Museen-Auch-Wels-macht-mit.html?:hp=3)


 Prasarana pendidikan di Wels diantaranya , Höhere Technische Bundeslehranstalt Wels, Berufschule 3 Wels, FH Oberosterreich Wels (kampus FH Oberosterreich untuk jurusan teknik dan sains).



 Kampus FH, terdiri dari jurusan reguler (rata-rata untuk jenjang S1) dan internasional (1 jurusan di jenjang S1 dan 2 jurusan di jenjang S2). Karena visinya untuk menjadi kampus yang lebih internasional dan jumlah mahasiswa internasional tiap tahunnya terus bertambah, maka setiap tahun akan ada acara international evening dimana setiap mahasiswa baru atau yang baru menyelesaikan exchange semester harus mempresentasikan sedikit kebudayaan negara asal mereka.
  


Beberapa keunikan yang saya temukan di Kampus FH ini yaitu tersedianya ruang khusus untuk bersantai saat istirahat bagi mahasiswanya dan terdapat pesta minum bir bersama yang diadakan di hari Kamis setiap 2 minggu sekali di halaman kampus.


Kondisi lalu lintas yang mendukung serta jarak yang serba berdekatan antar tempat (tempat tinggal, kampus, pusat belanja, terminal bus, dan stasiun kereta berada di radius kurang lebih 1km) menyebabkan mahasiswa cenderung memilih berjalan kaki atau menggunakan sepeda untuk menghemat biaya terutama disaat cuaca bagus.


Umumnya mahasiswa dizinkan untuk melakukan pekerjaan sampingan, sehingga bekerja merupakan pilihan bijak untuk mengisi waktu luang. Salah satunya terdapat mahasiswa indonesia yang berkuliah sambil bekerja memilih bekerja sebagai Aupair, dimana dia tinggal bersama sebagai Guest yang membantu mengasuh anak sang keluarga di tempat dia tinggal.

Kesadaran warga akan kesehatan sangat tinggi, semua orang mulai dari pelajar, pekerja/ karyawan, muda hingga tua pasti memiliki aktivitas fisik untuk menunjang kebugaran fisik mereka. Salah satu kegiatan yang biasanya dilakukan oleh mahasiswa yaitu, mendaki gunung, berwisata keluar Wels, barbeque, pergi ke pusat kebugaran atau sekedar bermain bola bersama, bersepeda, dan jogging. 




Selain pelajar di Wels juga terdapat warga Indonesia yang berdomisili disini unuk kepentingan pekerjaan atau sudah berkeluarga dan memutuskan untuk tinggal disini. Sesekali mereka berkumpul untuk silaturahmi, beribadah atau merayakan ulang tahun bersama.





No comments:

Post a Comment