Wednesday, 22 April 2015

An Apple Cake a Day Keeps the Doctor Away!



By Evi Mulyani

Saya bukan penggemar apel, tetapi sebenarnya banyak manfaat yang terkandung dalam buah ini. Berdasarkan penelitian yang pernah saya dengar, mengonsumsi apel bisa mengurangi risiko kanker usus besar, kanker prostat, dan kanker paru-paru. Betul tidak, teman-teman?

Karena saya suka membuat kue dan kebetulan kali ini saya punya banyak stok apel. Maklum, kalau sudah banyak tugas yang harus dikerjakan dan tidak ada waktu untuk memasak apapun, membuat kue apel sangat praktis dan bisa menjanggal perut yang keroncongan.

Karena perut saya sudah "bernyanyi", saya akhirnya mencari resep kue apel dengan campuran crumble atau dalam bahasa Jerman "Apfelkuchen mit Streusel" atau "Apple Pie with Crumble Mixture".

Sangat mudah dan tidak terlalu memakan waktu lama. So, langsung aja yuk baca pengalamanku.

Bahan-bahan yang di butuhkan adalah:

300 gr Terigu

200 gr Butter atau Margarine

100 gr Gula Pasir

1 butir Telur


Bahan isi:

6 Apel (kalau bisa yang agak asam)

1 Pack Vanillapuding

Sedikit Butter

Sedikit susu

Jeruk nipis

Sedikit Gula


Untuk Bahan campuran crumble:

200 gr Margarine atau Butter

275 gr Terigu

125 gr Gula halus

Sedikit garam


Cara membuat:

- Pertama-tama, masukan butter kedalam mixer, setelah butter tercampur dengan rata, kita masukan satu butir telur.

- Kemudian campur adonan butter dan telur tadi dengan gula pasir. Terigu yang disaring kita campur dengan adonan. Setelah tekstur bahan terlihat crumble, kita bisa membentuknya seperti bola, dan bahan bola tadi kita masukan ke dalam lemari es selama 15 menit.

Sambil menunggu bahan bola tadi... kita olah bahan-bahan isi:
- Kupas apel dan potong dadu besar. Kemudian masak butter kedalam panci, dan setelah butter agak melumer masukan potongan apel.

- Masukan air perasan jeruk nipis ke dalam panci yang berisi apel tadi. Kita tunggu selama 3 menit.

- Selama menunggu, kita bisa mengolah bahan yang berbentuk bola tadi, dengan penggilas adonan, kita gilas bahan bola tadi. Setelah terlihat merata bahannya, kita bisa mengukur bahan tadi dengan bentuk loyang yang kemudian akan diisi dengan bahan isi.

- Kita bisa taruh loyang di atas bahan yang sudah digilas tadi, dan potong sesuai dengan bentuk loyang. Setelah terbentuk, kita masukan bahan itu kedalam loyang yang sudah dilumuri butter dan terigu. Sisa dari bahan tadi bisa kalian taruh di dinding-dinding loyang.

Untuk menyiapkan puding yang juga kita campur ke dalam panci yang berisi apel tadi, caranya kita campur 1 bungkus Vanilapuding itu kedalam mangkuk yang sudah berisi susu, aduk rata. Setelah  rata, kita masukan ke dalam panci yang berisi apel tadi. Jangan lupa untuk aduk perlahan dan teratur.

Setelah bahan isi selesai, kita masukan bahan isi kedalam loyang dengan merata.

Jangan lupa untuk membuat crumble mixture nya. Dengan butter atau margarine yang sudah lumer dimasak, kemudian masukkan dan mix semua bahan-bahan crumble mixture yang sudah disebutkan (di atas). Kemudian taburkan hasil crumble mixture tadi di atas loyang yang sudah berisi apel. Masukkan kedalam oven dengan suhu panas sedang selama 30 menit.

Setelah Apfelkuchen tadi selesai, kita diamkan dan dinginkan. Sebaiknya diamkan bermalaman dan sajikan besoknya. Dikarenakan puding yang masih lumayan mencair setelah di oven.

Sooooo selamat mencoba ya ;-) gutes gelingen!!!






No comments:

Post a Comment