Tuesday, 10 February 2015

Terpukau oleh "Konser Senandung"


 by Syifa Nurhanifah dan Evi Mulyani

Minggu, 8 Februari 2015, kali lah pertama mahasiswa musik klasik Indonesia mengadakan konser di Vienna. Konser yang bertemakan Senandung ini telah berhasil memikat para hadirin yang jumlahnya hampir 100 orang. Wow, betapa tidak memikat, suara Sopran dua cewek cantik yang sedang study di Vienna Conservatory of Music (Meta dan Indah) ini bertambah memukau seiring dengan dentingan piano yang dimainkan oleh pianist-pianist muda yang sangat piawai memainkan jari-jarinya di atas piano. 

Yup! merekalah Terra, Paulina dan Eudia Lina - Indonesian pianist students yang mengawali bermain piano sejak umur 3, 8 dan 9 tahun. Tak bisa dibayangkan kan, betapa mahir dan piawainya mereka pada saat ini.

Konser yang berlangsung selama 1,5 Jam ini menampilkan karya-karya dari komponist Eropa dan Indonesia seperti J.S. Bach, J. Haydn, G.F. Handel, A. Skrjabin, F. Chopin, M. Reger, M. Embut, Y. Djamin, F.X. Soetopo dan A. Sukarlan. Tak ketinggalan St. Francis of Assisi Church, gereja yang terletak di kawasan Bezirk 2 Leopoldstadt ini telah menjadi tempat bersejarah bagi kesuksesan konser pertama mahasiswa musik klasik Indonesia.
Tujuan utama diadakannya konser ini adalah untuk memperkenalkan bakat dari pelajar musik klasik Indonesia di Vienna, karena dalam kurun waktu 3 tahun ini ternyata jumlah pelajar musik klasik dari Indonesia di Austria kian bertambah. Hal ini pun kemudian diapresiasi oleh Romo Yohanes Monteiro dari KKIA (Keluarga Kristen Indonesia Austria) yang kemudian menggagas dan mengorganisir konser ini.

Ditanya tentang persiapan, kawan-kawan kita ini memulai perencanaan tentang waktu dan durasi konser semenjak Oktober 2014. Sedangkan latihan bersama (antara penyanyi dan pianist) dimulai pada bulan Januari 2015. Secara pribadi kawan-kawan kita ini merasa sangat senang sekali setelah konser, karena mereka tak menyangka bahwa publikum yang hadir begitu banyak dan support yang diberikan oleh warga KKIA pun begitu sangat besar pada mereka.
Kami dari Perhimpunan Pemuda dan Pelajar Indonesia di Austria sangat bangga terhadap prestasi kawan-kawan kita ini di kancah musik klasik. Semoga konser ini mengawali kesuksesan konser-konser selanjutnya. Hut ab! ;-)


No comments:

Post a Comment