/* Whatsapp css setting */ .tist{background:#35BA47; color:#fff; padding:2px 6px; border-radius:3px;} a.tist:hover{color:#fff !important;

Tuesday 17 February 2015

Serunya Faschingsumzug di Graz 2015

by Sri Yuliyanti 
Hip hip hura! Selasa pagi (17/02/2015), "Fasching"  memeriahkan Kota Graz, yang dimulai pukul 11.45. "Fasching", yang dalam bahasa Indonesia artinya "karnaval", adalah tradisi sejak tahun 1966 hingga sekarang, yang sebenarnya diawali hanya sebagai lelucon dengan berkostum bebas untuk lucu-lucuan. Karena kegiatan ini menyenangkan bagi orang-orang, dijadikanlah tradisi tiap tahun.

 Atas perhatian pemerintah daerah setempat dan dukungan dari ‘‘Kleine Zeitung‘‘ (koran untuk wilayah Steirmark dan Kärnten), terselenggaralah "Fasching" dengan tujuan meresmikan jembatan utama Graz yang bernama Erzherzog-Johann-Bruecke.

Pusat kota Graz, Herrengasse, Hauptplatz sangat dipenuhi oleh para peserta dan penonton acara ini. Dan keamanan tidak diragukan lagi, karena kesiagaan polisi membuat acara ini berlangsung dengan tertib. Keadaan cuaca cukup dingin, namun tidak menghalangkan semangat dan kemeriahan mereka. Para peserta memakai kostum yg beragam, contohnya seperti Spiderman, Elvis Presley, Naga, Badut, dan banyak yang melukis wajah seperti kucing dan lain-lain.
 
Ada hal yang paling menarik dari "Faching Graz": selain gratis untuk peserta dan penonton, ada juga hadiah untuk peserta yg terbaik dalam hal kreativitas berkostum. Seru bukan! Bagi anak- anak pun banyak keseruan-keseruan yang mereka dapatkan, seperti menggambar, bermain balon, dan aksi badut yang lucu. Spesialnya "Fasching Graz" kali ini, disediakan sebanyak 6000 donat Faschingskrapfen untuk anak-anak tanpa harus bayar. Info dan resep Faschingskrapfen: http://www.wien.info/en/shopping-wining-dining/viennese-cuisine/recipes/faschingskrapfen 


Kemeriahan pun terlihat sampai di ujung acara. Pemberian hadiah dimulai pukul 13.45, di atas panggung "Kleine Zeitung" di jalan Färberplatz. Dan "Fasching Graz" ditutup dengan pembagian hadiah bagi peserta terbaik. 


Selain sebagai tradisi, "Fasching Graz" dimanfaatkan bagi banyak orang untuk berkumpul bersama keluarga, kerabat dan teman-teman dalam situasi yang tentunya berbeda. Kuliner khas pun berjejer di tengah kota yang menambah kehangatan "Fasching Graz" pada musim dingin. Selain terdapat Faschingskrapfen, ada juga yang laris, yaitu langos dan manisan.

 
Untuk tahun berikutnya akan ada keseruan-keseruan apa lagi yaaaaa??!









No comments:

Post a Comment