Monday, 5 October 2015

Apa itu Aufsteirern?

by Sri Yuliyanti

Aufsteirern adalah festival budaya masyarakat Steiermark, yang berlangsung di Graz sejak tahun 2002, pada pertengahan September.

Untuk yang ke 14 kalinya, pada tanggal 18 - 20 September 2015  terlaksana dengan sukses acara Aufsteirern 2015 di tengan kota Graz, yaitu Ibu kota dari provinsi Steiermark. Dengan lebih dari 100.000 pengunjung (2010), dan  merupakan acara budaya masyarakat  terbesar di Austria.

Aufsteirern merupakan  inisiatif dari wakil Gubernur Steiermark  Leopold Schöggl pada masa itu, yang didedikasikan untuk  melestarikan Kultur dan Budaya Steiermark, seperti tarian rakyat, kostum atau Busana khas Steiermark, kuliner  dan musik rakyat.

 

Motto : Aufsteirern adalah Pesta bagi semua, yang memikikan ,hidup, bicara, menari, dan bernyanyi bagi Steiermark, atau mudah saja, yaitu begi mereka yang mencintai Steiermark.

 

 


   Kemeriahan  Aufsteirern mengundang banyak ketertarikan selain bagi masyarakat Austria sendiri begitu juga Turis dari manca Negara. Semua bersuka cita dengan mengenakan busana khas, yang mengagumkan, banyak sajian kuliner khas yang enak sekali, dengan diiringi musik dan nyanyian rakyat.

 



Bagi yang ingin memiliki  busana dan pernak- pernik khas steiermark, mereka bisa membeli langsung dari para ahlinya.  Tidak heran para turis merasa senang dengan sangat dimanjakan dalam acara ini.

Tgl 17, hari Jumat kemeriahan pesta rakyat sudah dimulai, pada pukul 18.00 terlaksana acara Fashion- Show busana khas Austria ( Dirndl dan Lederhose atau bisa disebut juga dengan celana kulit), dengan bertujuan untuk memberikan informasi dan inspirasi mode busana terbaru yang bisa mereka pakai saat  perayaan Aufsteirern. Menarik sekali bukan! Jangan sampai terlewatkan ya di tahun depan !! ;)

No comments:

Post a Comment