Tuesday, 28 July 2015

Summer travel tips around Europe!

by: NCS


Libur tlah tiba!
Libur tlah tiba!
Horee….horeee….horeeeeee 

Ahirnya liburan musim panas juga! Hurrraaaay…. (*senang riang)
Memang agak beda jika dibandingkan dengan tradisi liburan semester di Indonesia, kalau liburan di Indonesia biasanya diisi dengan kegiatan kepanitiaan ospek , atau semester pendek, atau mungkin mudik bantu emak di rumah, nah kalau liburan musim panas di Eropa biasanya lebih bermakna dan menyenangkan karena suasananya yang sangat berbeda; liburan lintas negara dengan budget dan teman seadanya (*ups). So, teman-teman sudah ada rencana mau kemana bersama siapa? :D

Berikut saya share beberapa travel tips buat temen-temen PPIA berdasarkan pengalaman pribadi saya yang ngebolang di Eropa kurang lebih 3 tahun sebagai backpacker (dan pastinya sangat disarankan untuk sharing tips dari temen2 PPIA di laman komentar ;D) :

- Country Destination
Bedanya liburan di Indonesia sama di Eropa yang paling ekstrim adalah kalau di Indonesia travelling ke berbagai pulau statusnya masih di Indonesia, klo di Eropa naik bus cuma 15 menit statusnya sudah berada di negara lain (that feeling when you live in the border cities :D). In general, liburan keliling Eropa itu nggak ribet, intinya tentuin dulu mau kemana baru tentuin mau naik apa (searching for cheap offers!)

1. International Destination
Klo tujuan ngebolangnya ke beberapa negara yang agak jauh dari Austria seperti Swedia atau Portugal ya pilihan mudah dan cepat tapi belum tentu murah ya naik pesawat. Well, klo temen-temen budgetnya ok ya nggak jadi masalah untuk bepergian jauh, tapi klo temen-temen budgetnya pas-pasan ya coba dipertimbangin lagi; misal travelnya di musim dingin karena biasanya banyak tiket promo klo lagi musim dingin, tempat nginep juga lebih murah. Beberapa cheap airlines buat di cek dan ricek:

Well berita kurang sedapnya, rata-rata penerbangan murah ini berlokasi di Jerman, kalaupun ada di Austria biasanya kota tujuan terbang sangat terbatas. Buat temen-temen yang tinggal di wilayah Wina dan Graz bisa mencoba terbang melalui negara tetangga seperti Slovakia atau Slovenia, and temen-temen yang tinggal di daerah Salzburg dan Tirol bisa terbang melalui Jerman.

Alternatif lainnya yaitu dengan menggunakan kereta api atau bus. Untuk kereta api, temen-temen bisa menggunakan Interrail Pass, pernah denger kan ya? adalah produk dari Interrail.eu dengan kantor pusat di Belanda, webshop Interrail yang bekerja sama dengan 32 perusahaan kereta api Eropa. Interrail Pass ini bisa jadi option buat temen-temen yang punya waktu lumayan banyak, ingin mengunjungi banyak negara di Eropa dengan menggunakan kereta api. Untuk info lebih lanjut sila akses link berikut; Interrail Pass

Bus juga bisa jadi pilihan lain klo temen-temen punya masalah dengan bepergian menggunakan kereta api. Perusahaan bus berikut ini bisa mnengantar teman-teman ke kota-kota tujuan terkenal di Eropa seperti amsterdam, Paris, Brussel, sampai ke London dengan harga yang ekonomis.

Buat temen-temen yang petualang bisa mencoba ride sharing atau hitchhiking. Option ini irit banget tapi sangat riskan! Selama di Jerman kalau bepergian sendirian saya biasanya menggunakan jasa Mitfahrgelegenheit. Jasa ini ada di beberapa negara seperti Italia, Austria, dan Prancis. So far, aman dan memuaskan. Teman-teman mesti jeli dalam memilih pengendara, itu doank kok kuncinya ;). Hitchhiking, so far, saya belum pernah mencoba tapi suatu saat akan dicoba, syaratnya gampang klo wanita lebih baik bepergiannya 2-3 orang atau 2 orang (laki-laki dan perempuan), browse appnya untuk info highway dan bisa cek website ini buat info lebih lengkap: Hitchwiki.

2. Neighborhood-countries Destination
Kalau liburan summernya males yang ke negara jauh karena mahal atau karena temen-temen nggak plan buat travelling jauh-jauh, alternative nya bisa main-main ke negara tetangga seperti Jerman, Republik Ceko, Kroasia, Italia, Slovenia, slovakia, Polandia, dsb.
Misal temen-temen mau ke Jerman, temen-temen bisa manfaatin Regional Ticket seperti (Bayern Ticket, Baden Wütemburg Ticket) atau Quer-Durchs-Land tiket yang valid digunakan di semua Bundesläder di Jerman. Tapi ini tiket ini tidak dapat digunakan untuk kereta cepat Jerman (Interrail). Kalau ke Prague, temen-temen bisa naik Student Agency, perusahaan bus dari Ceko. Busnya comfort banget, kayak berasa di pesawat (soalnya ada small screen di tiap-tiap tempat duduk buat nonton), harganya juga ekonomis. Kalau ke Kroasia, Italia, dan beberapa negara tetangga lain, temen-temen bisa coba naik Eurolines, dsb.

3. Inland Destination
Buat temen-temen yang planningnya travelling keliling Austria, pastiin temen-temen update info dari ÖBB. Dibandingkan dengan DB Bahn punya jerman, ÖBB memang tergolong mahal karena minimnya penawaran tiket murah. Salah satu cara yang bisa temen-temen coba untuk dapat tiket kereta murah dengan memanfaatkan ÖBB Sparschien. Sparschien sendiri ada yang untuk dalam negeri dan Eropa, kalau pas lagi beruntung, teman-teman bisa dapetin tiket dengan harga yang cukup murah. Atau temen-temen bisa bikin Vorteilskarte. Pemegang Vorteilskarte bisa membeli tiket lebih murah hampir mencapai 50% dari harga normal. Bagi teman-teman yang berusia di bawah 26 tahun, nggak ada salahnya ngurus kartu ini, soalnya kerasa banget ngiritnya. Kartu berlaku selama setahun, dan biaya pengurusan buat Vorteilskarte <26 sekitar €19, kalau sudah up 26 tahun biaya pengurusan akan menjadi lebih besar.

Pakai Westbahn juga bisa murah meriah dan fasilitas kereta apinya nggak kalah dari Railjetnya ÖBB. Yang saya paling suka dari Westbahn, kemudahan pembelian tiket. In case temen-temen nggak sempet beli tiket online, temen-temen bisa beli langsung di kereta. Sayangnya Westbahn hanya melayani rute dari Salzburg-Wina, ada juga westbahn Bus yang menghubungkan ke beberapa kota lain, tetapi untuk keterangan lebih jelas, temen-temen bisa cek di website resminya.


- Akomodasi
Klo liburan selain transportasi, biaya akomodasi juga harus diperhitungkan apalagi kalau liburannya ke kota-kota besar seperti Paris, London, Madrid, Hamburg, dsb. Tapi klo travelling ternyata nggak melulu hotel loh buat jadi tempat penginapan. Yuk cek beberapa alternatif lain sebagai berikut:

1. Numpang di temen atau kerabat
Sebelum mutusin mau booking hotel, alangkah baiknya kalau mengecek terlebih dahulu kemungkinan adanya kerabat, keluarga, atau teman yang tinggal di kota tujuan berlibur. Hal ini memiliki banyak sisi positif, diantaranya memperpanjang tali silahturahmi dan menghemat biaya pengeluaran yang pasti :D.

2. Couchsurfing
Mungkin beberapa dari temen-temen PPIA sudah pernah mendengar ataupun familiar dengan website ini. Couchsurfing adalah travel portal yang mengakomodasi traveler untuk menemukan tempat tinggal gratis (dalam hal ini kamar ataupun sofa) selama masa berkunjungnya di suatu kota. Atau bahasa kerennya couchsurfer-host relationship. Saya pribadi sudah pernah surfing di beberapa host di berbagai negara. Memang kendalanya (berhubung gratisan) biasanya surfer cewek lebih gampang dapat tempat menginap gratis dibandingkan surfer cowok. Selain itu juga masalah sex abuse yang pernah terjadi beberapa kali yang cukup merusak citra Couchsurfing. Tips dari saya kalau ingin menggunakan jasa CS usahakan tidak sendirian, dan yang paling penting pilih host yang sudah memiliki lebih dari cukup references di profile page mereka, dan teliti apakah referensinya dari surfer atau hanya sekedar meet-and-greet. 

Kalau temen-temen lebih memilih hostel karena lebih aman, temen-temen still bisa manfaatin  CS buat ketemu orang-orang lokal by checking events yang akan berlangsung di kota tujuan berlibur teman-teman atau juga temen-temen membuat notifikasi dan keinginan bertemu dengan surfer lain dan juga orang lokal. I did it often, and it was amazing!

3. AirBnB
Yeah! mirip-mirip kayak Couchsurfing, cuma AirBnB lebih bisa dipercaya dan lebih profesional. Win-win solution buat traveller dan Host. Melalui AirBnB traveller bisa memilih untuk menyewa kamar saja, atau sharing room, atau seluruh rumah. Tentunya harga bervariasi sesuai dengan kondisi rumah dan musim yang berlangsung. AirBnB cocok buat temen-temen yang liburannya ber-group, karena cukup banyak pilihan menyewa rumah untuk 4 hingga 6 orang, bisa irit banget.

4. Hostel
Klo temen-temen berliburnya sendiri dengan budget seadanya dan nggak bermasalah sharing akomodasi dengan orang asing, hostel bisa jadi pilihan sebagai tempat menginap. Karena berbeda dengan hotel, hostel biasanya kita menyewa tempat tidur bukan kamar. Dalam satu kamar bisa terdapat 4 sampai 10 tempat tidur (semacam asrama), ada yang dibagai sesuai jenis kelamin dan ada yang campur. Saya pernah mencobanya sewaktu berlibur ke Kroasia, dan saya tidak menyesal karena nilai positif dari sharing room with strangers, saya dapet kenalan baru dari berbagai negara. Berikut portal hostel yang lumayan mumpuni:

5. Camping Sites
Liburannya bareng temen-temen nyewa mobil trus keliling beberapa negara dan pengen nginep di hotel bintang sejuta? cobain deh camping! apalagi klo tujuan berlibur temen-temen daerah selatan eropa, yang udaranya konstan anget selama musim panas. Temen-temen cukup bawa tenda dari rumah trus bisa kemana-mana and nginepnya di camping sites. Berikut website buat ngecek camping sites di Eropa: Eurocamping, Pitch up.

- Tips aman membawa uang selama berlibur:
1    1. Jangan sering keluarin dompet
2  2. Sisipkan uang kecil dikantong celana depan atau baju untuk keperluan membeli tiket atau makanan/minuman.
3    3. Jangan simpan dompet di kantong luar tas.
-
Dan jangan lupa sebelum travelling selalu membuat Check-list barang2 bawaan agar tidak lupa dengan barang-barang penting seperti: paspor, tiket, dompet, kartu kredit, obat-obatan, dsb.

Selamat berlibur ;D

No comments:

Post a Comment